Peta Strategi (Map Strategy)​

Seperti halnya dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, dan secara khusus penyesuaian pada Peta strategi Unima, maka FISH Unima 2025–2029 tetap mengacu kepada aspek keseimbangan sehingga menetapkan empat sasaran strategis untuk mendukung Misi FISH Unima yang telah ditetapkan. Hal ini dimaksudkan agar memastikan bahwa semua program dan upaya yang dilakukan di FISH Unima selaras dengan Visi, Misi, dan Tujuan UNIMA yang kemudian diintegrasikan pada sasaran strategis FISH Unima.

Peta Strategi FISH Unima 2025 – 2029

Sasaran Strategis

Langkah utama yang harus diambil FISH Unima untuk mencapai tujuan besar Unima tahun 2029 sebagaimana dalam Visi, Misi, Tujuan dan Program Kerja Rektor Universitas Negeri Manado periode 2025-2029 yakni membawa Unima “Unggul, Mandiri, Kompetitif dan Enterpreneurial”. Misi ini jelas untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang unggul dalam bidang pendidikan dan non-pendidikan demi terciptanya Indonesia Maju. Berdasarkan Misi dan Tujuan UPPS, maka sasaran strategis terfokus empat aspek utama, yakni:

  1. Meningkatkan kualitas Manajemen dan Tata Kelola Kelembagaan.
  2. Meningkatkan kualitas Pendidikan dan Pembelajaran.
  3. Meningkatkan kualitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas Mahasiswa dan Lulusan

Sebagaimana sasaran strategis di atas, maka indikator sasaran strategis dan strategi pengembangan UPPS yang berhubungan atau berkaitan dengan tujuan UPPS dapat dilihat pada tabel berikut ini.

NoSasaran StrategisStrategi PengembanganRelevansi dengan Tujuan
1Meningkatkan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Kelembagaan
Peningkatan Mutu Layanan Sistem Informasi1. Mengupayakan dan melaksanakan program peningkatan kualitas SDM dalam bidang Teknik Informatika
2. Meningkatan mutu layanan sistem informasi yang meliputi: (a) Sistem Informasi Akademik; (b) Sistem Informasi Kepegawaian; (c) Sistem Informasi Keuangan; (d) Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru; (d) Sistem Informasi Penelitian dan PKM; (e) Sistem Informasi Perpustakaan; (f) Sistem Informasi Tugas Akhir; dan (g) Sistem Informasi Alumni.
1
Peningkatan jumlah perolehan dana hibah tingkat nasional dan internasional.1. Mengupayakan kegiatan program pelatihan penyusunan proposal hibah kompetetif dengan mengundang pakar yang kompeten.
2. Mengupaykan pengembangan kerjasama dengan lembaga donor dalam dan luar negeri.
4
Meningkatkan jumlah dosen yang memiliki sertifikat pendidik.Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk ikut serta dalam proses sertifikasi dosen.2
Tersedianya bantuan untuk pembiayaan hasil riset disertasi dosen studi lanjut program doktor (S3)Penyediaan anggaran dalam RAPB setiap tahun untuk bantuan pembiayaan riset disertasi dosen yang studi lanjut doktor (S3).2
Meningkatkan jumlah dosen dengan jenjang pendidikan S3.Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan S3.2
Meningkatkan jumlah dosen yang memiliki jabatan akademik LK dan Guru BesarMemfasilitasi kenaikan jabatan akademik dosen melalui pelaksanaan FGD atau kegiatan workshop jabatan akademik dosen.2
Meningkatkan partisipasi dosen sebagai narasumber dalam pertemuan ilmiah nasional dan inernasional.Mendorong dan memfasilitasi dosen sebagai narasumber dalam kegiatan pertemuan ilmiah nasional dan internasional dengan menyediakan bantuan pendanaan.2
Meningkatnya persentase dosen tetap yang menjadi anggota masyarakat bidang ilmu di tingkat nasional dan internasional.1. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk menjadi anggota masyarakat bidang ilmu di tingkat nasional dan internasional.
2. Menjalin kerjasama dengan organisasi profesi/keilmuan dalam dan luar negeri.
2
Terlaksananya Audit Mutu Internal (AMI) secara berkala setiap tahun.1. Memfasilitasi pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) dengan menyediakan seluruh fasilitas yang dibutuhkan.
2. Peningkatan peran dan fungsi auditor internal dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI).
1
Secara kelembagaan dapat meningkatkan peringkat akreditasi untuk semua Program Studi yang ada di lingkungan FISH.1. Memfasilitasi dan melakukan pendampingan borang akreditasi pada setiap PS.
2. Memfasilitasi dan melaksakan program pelatihan penyusunan borang akreditasi dan Evaluasi Diri.
1
Tersedianya dana untuk penghargaan dosen berprestasi.Penyediaan anggaran dalam RAPB setiap tahun untuk bantuan penghargaan bagi dosen yang berprestasi.2
Tersedianya dana untuk penghargaan Tendik Berprestasi.Penyediaan anggaran dalam RAPB setiap tahun untuk bantuan penghargaan bagi tendik yang berprestasi.2
Tersedianya bantuan pembiayaan Skripsi/Tesis untuk penyelesaian studi S1/S2 bagi tendik.Penyediaan anggaran dalam RAPB setiap tahun untuk bantuan penulisan Skripsi/Tesis untuk tendik yang menyelesaikan studi S1/S2.2
Tercapainya besaran Rata-rata Dana Operasional Mahasiswa (DOM) per tahun minimal 18 juta.Peningkatan jumlah pendapatan melalui pengembangan unit bisnis dan kerjasama dengan lembaga eksternal.4
Tersedianya ruang kerja bagi seluruh dosen tetap (tidak termasuk pimpinan).Penyediaan anggaran dalam RAPB untuk pengadaan ruang kerja dosen.1
Meningkatnya rata-rata perolehan dana penelitian per dosen per tahun.Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengakses pendanaan penelitian dari pihak eksternal.5
Meningkatnya rata-rata perolehan dana PkM per dosen per tahun.Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengakses pendanaan PkM dari pihak eksternal.5
Tersedianya prasarana laboratorium yang lengkap dengan mutu sangat baik.Penyediaan anggaran dalam RAPB untuk pengadaan laboratorium dan seluruh fasilitas pendukungnya.1
Tersedianya prasarana ruangan perkuliahan yang memadaiPenyediaan anggaran dalam RAPB untuk pengadaan ruang kuliah program Magister dan Doktor dengan fasilitas pendukungnya.1
2Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pembelajaran
Tercapainya rata-rata beban SKS ideal dosen per semester.Membagi secara proporsional beban SKS setiap dosen per semester.3
Terpenuhinya rata-rata ideal banyaknya mahasiswa per dosen Pembimbing Akademik (PA) per semester.Membagi secara proporsional jumlah mahasiswa bimbingan setiap dosen Pembimbing Akademik (PA).3
Terpenuhinya rata-rata ideal jumlah pertemuan pembimbingan akademik per semester.Meningkatkan jumlah pertemuan pembimbingan dari rata-rata 2 kali per semester menjadi 3 kali per semester.3
Terpenuhinya rata-rata ideal banyaknya mahasiswa per dosen Pembimbing TA/Skripsi setiap semester.Membagi secara proporsional jumlah mahasiswa bimbingan setiap dosen Pembimbing TA/Skripsi3
Terpenuhinya rata-rata ideal jumlah pembimbingan TA/Skripsi.Meningkatkan jumlah pertemuan pembimbingan TA/Skripsi dari rata rata 6 kali menjadi 8 kali sampai mahasiswa menyelesaikan TA/Skripsinya.3
Tercapainya rata-rata ideal waktu penyelesaian TA/Skripsi.1. Perbaikan Panduan Penulisan TA/Skripsi. Mendorong mahasiswa yang sedang TA/Skripsi dengan melakukan percepatan proses pembimbingan TA/Skripsi.
2. Mendorong dosen untuk melakukan proses pembimbingan TA/Skripsi sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak ada mahasiswa yang dirugikan.
3
Tercapainya rata-rata ideal masa penyelesaian studi mahasiswa.Mendorong mahasiswa untuk aktif dalam perkuliahan dengan memberikan bobot kehadiran sebagai unsur penilaian kelulusan.3
Meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu empat tahun.Mendorong dan memfasilitasi mahasiswa agar dapat menempuh TA/skripsi mulai semester 6/7.2,3
Meningkatnya rata-rata IPK Lulusan.Melaksanakan program pembimbingan intensif, baik melalui dosen PA maupun dosen pembina. Melaksanakan program remidial bagi mahasiswa yang tidak lulus ujian mata kuliah.2,3
Meningkatnya persentase mata kuliah yang memiliki RPS berbasis OBE.1. Melaksanakan program pembimbingan intensif, baik melalui dosen PA maupun dosen pembina. Melaksanakan program remidial bagi mahasiswa yang tidak lulus ujian mata kuliah.
2. Mendorong dan memfasilitasi dosen melalui penyelenggaraan workshop RPS berbasis OBE.
3
Meningkatnya persentase dosen tetap yang sudah mengimplementasikan pembelajaran berbasis riset secara terstruktur.Mendorong dosen untuk memanfaatkan hasil riset dalam proses pembelajaran.3
Meningkatnya kepuasan civitas akademika terhadap pelayanan akademik.Pelaksanaan program peningkatan mutu layanan akademik.1
Meningkatkan jumlah kerjasama di bidang pendidikan.Menambah kerjasama dalam negeri di bidang pendidikan/pengajaran. Menambah kerjasama luar negeri di bidang pendidikan/pengajaran.4
Meningkatnya jumlah Buku Ilmiah ber ISBN.Mendorong dan memfasilitasi dosen melalui penyelenggaraan kegiatan workshop penyusunan buku ilmiah ber ISBN dan pemberian insentif kepada dosen.3
Terciptanya suasana akademik yang kondusif di luar kegiatan perkuliahan.1. Program diskusi rutin dosen setiap bulan. Program kuliah tamu setiap semester Fak/PS. Program pelatihan/ workshop/lokakarya bidang pendidikan setiap semester.
2. Program kegiatan seminar nasional/internasional setiap tahun.
2
3Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Meningkatkan jumlah penelitian yang dihasilkan dosen tetap sesuai bidang keahlian PS.1. Melaksanakan program pelatihan penyusunan proposal penelitian.
2. Mendorong dosen untuk melakukan penelitian dengan dana pusat
5
Meningkatkan jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan dan dipublikasikan dosen tetap PS.1. Mendorong dan memfasilitasi dosen dalam publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional terakreditasi.
2. Melaksanakan program pelatihan/ workshop publikasi pada jurnal internasional.
5
Meningkatnya jumlah karya PS yang memperoleh perlindungan HaKI.Mendorong dan memfasilitasi dosen atau mahasiswa untuk memperoleh HaKi dengan menyediakan dukungan dana.5
Meningkatnya partsipasi mahasiswa sedang TA/Skripsi dalam penelitian dosen.Mendorong dan memfaslitasi mahasiswa yang sedang TA/Skripsi untuk terlibat dalam penelitian bersama dosen.3
Meningkatnya jumlah mahasiswa yang HaKI.Mendorong dan memfasilitasi dosen atau mahasiswa untuk memperoleh HaKi dengan menyediakan dukungan dana.3
Meningkatnya jumlah PKM sesuai bidang keahlian Program Studi.1. Melaksanakan program pelatihan penyusunan proposal PkM.
2. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan menyediakan dana yang mencukupi.
5
Meningkatnya persentase mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen.Mendorong dan memfaslitasi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan PkM bersama dosen.3
Meningkatnya jumlah kerjasama penelitian dan PkM dengan instansi dalam negeri.Menjalin dan mengembangkan kerjasama penelitian dan PkM dengan instansi dalam negeri.4
Meningkatnya jumlah kerjasama penelitian dan PkM dengan instansi luar negeri.Menjalin dan mengembangkan kerjasama penelitian dan PkM dengan instansi dalam negeri.4
4Meningkatkan Kualitas Mahasiswa dan Alumni
Meningkatkan indeks kepuasan mahasiswa terhadap seluruh layanan kemahasiswaan.Peningkatan mutu dan jumlah fasilitas dalam mendukung layanan kemahasiswaan.1
Meningkatkan jumlah sistem layanan kemahasiswaan berbasis online.Peningkatan mutu dan jumlah sistem layanan kemahasiswaan berbasis online.1
Meningkatkan prestasi mahasiswa di tingkat lokal, nasional dan internasional.1. Melaksanakan bimbingan penalaran, pembinaan minat bakat, pembinaan softskill.
2. Melaksanakan kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi.
2
Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tingkat regional dan nasional.Mendorong dan memfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan Pembinaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM).3
Meningkatkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa.Memfasilitasi penerima beasiswa3
Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam pelatihan kewirausahaan.Mendorong dan mefasilitasi mahasiswa dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan.4
Terlaksananya studi pelacakan lulusan (tracer study).1. Melaksanakan Tracer Study secara berkala untuk alumni, dan pengguna lulusan.
2. Melaksanakan program kerjasama kemitraan dengan himpunan alumni dan instansi alumni bekerja.
6
Terlaksananya kegiatan temu alumni.Melaksanakan program temu alumni setiap tahun dan bekerjasama dengan himpunan alumni.6
Meningkatkan partisipasi Alumni dalam dalam kegiatan akademik maupun non akademik.Melibatkan Alumni dalam pengembangan kegiatan akademik dan non akademik yang dilaksanakan oleh UPPS dan program studi.6